Thursday 16 April 2015

Simbol simbol flowchart

DEFINISI DAN SIMBOL-SIMBOL


STRUCTUR CHART (BAGAN STRUKTUR)
Fungsi dari Structure Chart digunakan untuk mendefinisikan dan mengilustrasikan dari sistem secara berjenjang dalam bentuk modul dan sub modul. Structure Chart juga menunjukkan hubungan elemen data dan elemen kontrol serta hubungan antar modulnya, sehingga Structure Chart dapat memberikan penjelasan yang lengkap dari sistem dipandang dari elemen data, elemen kontrol, modul dan hubungan antar modulnya.

SIMBOL-SIMBOL DASAR

Dalam menggambarkan struktur organisasi sistem secara berjenjang digunakan beberapa macam simbol. Simbol-simbol ini merupakan simbol-simbol standar yang paling banyak digunakan.
Disamping simbol-simbol standar tersebut, pemrogram juga dapat menambah khasanah simbol yang akan digunakan dalam penggambaran tersebut, tetapi pemrogram juga harus memberi penjelasan tentang maksud dari simbol yang dibuat tersebut dalam bentuk kamus simbol. Namun demikian sebaiknya pemrogram menggunakan simbol-simbol standar untuk menggambarkan struktur sistem tersebut agar mudah dipahami oleh pemrogram lain.

Gambar
Nama
Keterangan



Module

Simbol ini menunjukkan suatu modul



Connection
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan suatu modul dengan modul yang
lainnya



Loop
Simbol ini menunjukkan suatu perulangan didalam modul



Decision
Simbol ini menunjukkan suatu penyeleksian kondisi didalam modul




Couple
Simbol ini menunjukkan suatu data/elemen yang dikirimkan dari satu modul ke modul lainnya. Anak panah dengan lingkaran yang kosong menunjukkan data yang dikirimkan, sedangkan anak panah  dengan lingkaran padat menunjukkan elemen kontrol yang dikirimkan


Contoh penggunaan simbol-simbol pada structure chart dalam menggambarkan struktur suatu sistem.

Gambar
Keterangan



Menunjukkan suatu modul dengan nama “Luas Persegi Panjang”






Modul A memanggil Modul B. Setelah proses dari modul B selesai, maka proses kembali ke modul yang memanggil

No comments:

Post a Comment