Thursday 30 March 2017

Interaksi Manusia dan Komputer

Nama                           : Achmad Mubarak Doohan
NPM                            : 20114128
Fakultas/Jurusan         : Ilmu Komputer/Sistem Komputer
Kelas                           : 3KB09

Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer adalah sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana manusa dan komputer saling berinteraksi atau suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desainm evaluasi dan implementasi dari sistem komputer, interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena disekitar manusia itu sendiri. Singkatnya pada tahun 1970 IMK (interaksi manusia dan komputer) atau HCI (human-computer interaction) mulai dikenal dengan istilah antarmuka pengguna atau user interface mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.

Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia dan komputer untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik (feedback) yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).


(Human-Computer Interaction, https://en.wikipedia.org/wiki/Human%E2%80%93computer_interaction)

Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan. Contoh pengaplikasian IMK dalam kehidupan terdapat pada di perkantoran, kendali proses, penerbangan, komunikasi, desain pekerjaan, pelatihan/seleksi dll.

Perubahan Teknologi

Penurunan harga komputer yang sangat dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC). Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin murah. Perubahan Teknologi Perubahan teknologi di atas telah membuka kemungkinan penggunaan komputer yang lebih luas. Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisnis dan industri modern. Komputer juga ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah tangga.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan komputer agar lebih mempermudah manusia atau user dalam berinteraksi dan yang paling penting adalah membuat bagaimana keinginan user dapat terpenuhi sesudah memakai komputer tentunya dengan cara yang mudah.

Sumber :
Irfan Subakti. “Interaksi Manusia dan Komputer”.
Oky Dwi Nurhayati. “Konsep Interaksi Manusia dan Komputer”.
Human–computer interaction.



No comments:

Post a Comment